MorphostLab

Tempat nongkrongnya Morphic dan kawan-kawan

Ilmu Encrypt untuk newbie

Posted by Morphic pada September 25, 2009


Akan aku jelaskan sedikit tentang ilmu encrypt. Yang aku jelaskan apa yang aku tahu saja… oke…
Aku bukan ahli enkrip jadi kalo ada yg salah harap maklum saja…

Sebelumnya apa itu enkrip.
Menurutku enkrip itu adalah mengubah struktur dari yang semestinya menjadi tak semestinya secara teratur.
Hehe he…
Kalo mau definisi yg lebih bagus lagi tanya aja ama ahlinya ya…
Kita telaah dulu pengertiannya satu persatu:
-mengubah struktur: dengan mengenkrip akan mengubah struktur yang kita enkrip. Baik itu berupa string maupun struktur file. Biasanya yang paling banyak dienkrip itu berupa string.
-dari yang semestinya menjadi tak semestinya: Enkripsi akan mengubah hal yang normal menjadi tak normal
-secara teratur: teknik enkripsi biasanya mengubah suatu struktur secara beraturan. Misalnya huruf A diganti menjadi B, maka B diubah menjadi C dan begitu seterusnya….

Heheheh… Keliatan asal-asalan saja ya definisinya… Harap maklum!
(isi artikel kali ini gak usah dianggap serius ya…)

Kita mulai pelajaran enkrip sederhana…
Logikanya:
Huruf A diubah menjadi huruf B, huruf B diubah menjadi huruf C dan begitu seterusnya…
Enkripsi seperti itu untuk kelang-kelang satu huruf. Istilah lainnya tambah satu huruf.
Contoh lain:
Huruf A diubah menjadi huruf D, huruf B diubah menjadi huruf E dan begitu seterusnya…
Untuk enkripsi yang satu ini ditambah 3 huruf atau kelang 3 huruf.

Enkripsi kelang mundur juga bisa.
Contoh: Huruf Z jadi Y, huruf Y jadi X, sterusnya hingga…. huruf B menjadi A.

Sebenarnya enkripsi gak hanya pada huruf tapi juga pada angka. Dan kalau dihitung-hitung jumlah huruf+angka ASCII pada komputer berjumlah 255 buah.

Sebelum mulai masuk ke pelajaran yang lebih dalam, kamu harus tahu dulu huruf-huruf apa saja yang menempati setiap nomor 1 sampai 255 pada ascii.
Pada VB6 ada dua fungsi yang biasa dipakai untuk beginian, yaitu “ASC” dan “CHR”

Contoh: (silakan ketik di VB6)
Private Sub command_click()
Msgbox CHR(97)
End sub
Dibuat saja pada sebuah command supaya gak rumit. Angka 97 disitu bisa diubah dengan angka apa saja asalkan tidak diluar dari angka 1 sampai 255.
Supaya lebih enak buatlah satu form seperti gambar dibawah ini.
image002

Source codenya begini:
Private Sub command1_click()
Msgbox chr(text1.text)
End sub

Jadi kamu bebas mau masukkan angka apa saja ke dalam teks box.
Sekarang kita kembali ke code yang pertama tadi. Setelah dimasukkan angka 97 apa yang muncul? Yang muncul adalah huruf ”a”. Lalu coba masukkan lagi angka 98, 99, dan 100. Perhatikan huruf apa yang muncul?
Setelah itu bebas masukkan angka apa saja ke dalam asalkan antara 1 sampai 255.

Sekarang kita ganti source code kita tadi menjadi:
Private Sub command1_click()
Msgbox asc(text1.text)
End sub
Ubah “chr” menjadi “asc”

Sekarang yang kita masukkan ke teksbox adalah huruf! Coba masukkan huruf ”a” kecil ke dalam teksbox! Angka apa yang muncul? Angka 97! Coba masukkan huruf lain dan perhatikan angka apa yang muncul?

Sekarang kita ubah lagi sourcecodenya menjadi:
Private Sub command1_click()
Msgbox chr(asc(text1.text) + 1)
End sub

Masukkan huruf ”a” maka akan muncul huruf ”b”. Bila dimasukkan huruf ”c” akan muncul huruf ”d”
Coba ganti source-nya menjadi:
Private Sub command1_click()
Msgbox chr(asc(text1.text) + 2)
End sub
Source code yang ini akan mengubah huruf menjadi tambah 2 huruf.

Perhatikan source code yang baru kita ganti dengan source yang sebelumnya. Untuk source yang terakhir ada tertulis “+2” sedangkan source sebelumnya ada tertulis “+1”

Itu gunanya untuk mengubah kelang berapa atau tambah berapa huruf yang mau kita enkrip. Angka itu bisa diubah menjadi “+5” atau “+28” atau boleh juga “-8”.
Terserah kalian!

Sekarang ubah lagi form kalian menjadi:
image004

Dan ketik source berikut:
Private sub command1_click()
Dim str, str2 As String
str = Text1.Text
For i = 1 To Len(str)
str2 = str2 & Chr((Asc(Mid(str, i, i + 1))) + 1)
Next i
Text2.Text = str2
End sub
Coba tuliskan sebuah kata atau kalimat pada teksbox pertama, nanti hasilnya akan keluar pada teksbox kedua.
(Catatan: Spasi juga ikut dienkrip! Angka spasi adalah = 34)

Coba perhatikan code kita baris ke 4. Tertulis seperti ini:
str2 = str2 & Chr((Asc(Mid(str, i, i + 1))) + 1)
Nah, kode yang itu bisa diganti menjadi
str2 = str2 & Chr((Asc(Mid(str, i, i + 1))) + 7)
Itu terserah kalian! Perhatikan angka terakhir sebelum tanda tutup kurung!

Lalu apa kaitannya dengan virus dan antivirus?
jelas sangat berguna meskipun tutorial ini masih mempelajari tingkat sedehananya. Tapi yang jelas ilmu encrypt sangatlah bermanfaat.
Mulai dari encrypt database, virus dikarantina, dan encrypt induk virus dan lain-lain….

Selamat Berlatih!

By:Morphic
http://www.morphostlab.co.nr

Thanks to:
-satryacode (mudah-mudahan ini yang kw maksud)
-MorphostLab Team

10 Tanggapan to “Ilmu Encrypt untuk newbie”

  1. mantab bgt phic tutorialnya…
    maju terus, jangan berhenti dari dunia pemrograman…

    GBU

  2. muamarkudo said

    tetap berjuang bang !!! Horas !

  3. maxx said

    aku td udah buat software untuk enkrip dan dekrip nya…tp pas di tes buat enkrip code virus vbs ku…nggak mau jalan…knp ya??
    bahas juga donk tentang enkripsi code (virus vbs)….

  4. dyos said

    syukron sob.suatu ulasan yg apik (=jawa) atau rancak (=minang)..he he
    ajarin kita terus a sob

  5. Iya phic,
    Thanks ini yg kumaksud..
    Jd lebih enak bskk ngajarinny ke kwn2 ku..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: